Tuesday, August 9, 2011

Psikologi-Universitas Padjadjaran

Alamat: Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363
Telepon: (022) 779-4126 / 7794127
Faksimili: (022) 87920376
Dekan: Prof. Dr. Juke Roosjati Siregar, M.Pd.
Email: dekanpsikologi@unpad.ac.id
Website: http://psikologi.unpad.ac.id
Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran didirikan berdasarkan SK Menteri PTIP nomor 037/SEK/PU/61, tanggal 18 Agustus 1961.  Setelah itu pada tanggal 2 September 1961 di Aula UNPAD diresmikan berdirinya Fakultas Psikologu Universitas Padjadjaran.
Psikologi sebagai ilmu pengetahuan yang menggunakan perilaku dan kejadian lain untuk memahami proses dalam diri manusia yang menyebabkan manusia dan anggota kelompok lain bertingkah laku. Fakultas Psikologi Unpad merupakan penyelenggara pendidikan psikologi yang terkemuka di Indonesia, yang mengembangkan pendidikan Sarjana Psikologi, Magister Profesi Psikologi, Magister Sains dalam Psikologi, dan Doktor dalam bidang Psikologi.
Pendidikan Psikologi di Universitas Padjadjaran senantiasa mengembangkan kemampuan pemikiran diagnostik atau psikodiagnostik yang merupakan ciri dari Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran, sert a mengembangkan ilmu, metode dalam psikologi yang dilakukan melalui penelitian. Tujuan ini telah dikembangkan sejak lama, dimana Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran merupakan pelopor di Indonesia dalam hal psikologi eksperimen dengan mengembangkan laboratoriumnya.
Tujuan Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran, selain melakukan pendidikan psikologi juga bertujuan untuk mengembangkan ilmu dan metode yang dirasakan perlu untuk mengaplikasikan ilmu psikologi kepada masyarakat. Sebagai suatu institusi pendidikan Fakultas Psikologi mempunyai Visi, misi dan tujuan pendidikan.
Visi:
Menjadi penyelenggara pendidikan tinggi yang terkemuka berrtaraf internasional dalam pengembangan dan penerapan psikologi bagi kesejahteraan umat manusia
Misi:
  1. Menghasilkan lulusan Psikologi yang memiliki integritas dalam pengembangan dan praktik keilmuan
  2. Mengembangkan kegiatan dan penerapan keilmuan yang dapat memajukan kesejahteraan umat manusia, secara terbuka, inovatif dan berkelanjutan
Tujuan:
Setiap lulusan Fakultas Psikologi :
  1. Memahami pengetahuan dasar Psikologi yang meliputi konsep dan teori sebagai dasar untuk mendiagnosa/menginterpretasi tingkah laku manusia (baik individu, kelompok maupun komunitas) berdasarkan kerangka pemikiran psikodiagnostik.
  2. Memahami dan menguasai prinsip-prinsip dasar asesmen dan intervensi.
  3. Mampu melakukan serta terampil dalam menggunakan metoda asesmen dan intervensi
  4. Memiliki kepekaan dan keterampilan untuk mengamati, menganalisis, mengevaluasi, merumuskan dan menjelaskan permasalahan biopsikososial yang terjadi dalam kehidupan manusia.
  5. Mampu melakukan penelitian, pelatihan dan analisis perilaku sosial dengan menggunakan kaidah-kaidah Psikologi
  6. Memiliki motivasi tinggi untuk mengikuti dan mengupayakan perkembangan ilmu Psikologi, baik sebagai ilmu murni maupun terapan yang mencakup konsep, teori, metoda dan alat-alat asesmen
  7. Berpikir, bersikap, bertindak dan mempertanggungjawabkan karya profesionalnya berlandaskan kode etik Psikologi Indonesia
  8. Mampu dan terampil menggunakan teknologi yang dipelajarinya untuk kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat
  9. Mampu mensinergikan pengetahuan Psikologi dengan bidang-bidang ilmu lain dalam kegiatan penelitian untuk pengembangan ilmu psikologi
  10. Mampu melakukan kerjasama dengan ahli-ahli lain dalam melayani masyarakat
Standar Kompetensi Lulusan
Telah disepakati dalam Lokakarya Pengembangan Kurikulum (Berbasis Kompetensi Dan Integrasi Kurikulum S1, S2, S3) Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran, Standar Kompetensi Lulusan S1, S2 (Profesi dan Sains) dan S3 Sains, sebagai berikut:
No UTAMA PENDUKUNGLAINNYA/KHUSUS
1Ethic & Standard“Berkaitan dengan aspek legal dan etika profesi psikologi, serta  penerapannya dalam berbagai area kegiatan (pengembangan ilmu, penelitian, publikasi).”ManajerialTIK (TEKNOLOGI INFORMATIKA & KOMPUTER)
2Diagnostic & Assessment Psikologi‘Berpikir analitik, menegakkan diagnosa
Dengan memanfaatkan pemeriksaan psikologi yang mencakup metode diagnostik psikologi (observasi, wawancara, dan alat2 tes psikologi).”
Komunikasi dan InteraksiBahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
3Helping Behavior & intervensi Psikologi “Membantu menyelesaikan menyelesaikan masalah2 individu, kelompok, dan masyarakat berdasarkan konsep, metode, dan tehnik psikologi”Professional & Community Relations
4Research/Penelitian“Ketrampilan untuk mengidentifikasi masalah pokok, merancang penelitian yang tepat, serta metodologinya.”Achievement Orientation & action
5Pengetahuan Psikologi/Discipline Knowledge
“Pengetahuan dasar dalam disiplin psikologi untuk melakukan investigasi/menemukan, menggambarkan, menerangkan, memprediksi, dan memodifikasi kognisi, afek, dan perilaku manusia.  Termasuk memahami hakikat ilmu lain yang relevan.”


6Influence & Change“Memiliki dorongan yang kuat untuk berkontribusi dalam pengembangan ilmu psikologi dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari di bidang pekerjaan, sosial dan masyarakat.  Termasuk mengembangkan inovasi baru baik dalam ilmunya sendiri ataupun dalam konteks multi disiplin. Hal ini didukung juga dengan pemahaman seberapa jauh subjek memiliki kemungkinan untuk berubah.”

7Transfer Ilmu Psikologi“Mentransfer, menularkan, mengajarkan ilmu psikologi untuk kepentingan masyarakat luas maupun akademis.”

Guru besar yang membina Fakultas Psikologi  ada 7 orang dari 75 orang tenaga edukatif yaitu :
1.    Prof. Dr. Hj. Kusdwiratri Setiono
2.    Prof. Dr. Hj. Nitya Wismaningsih Sudrajat, M.Pd.
3.    Prof. Dr. H. Suryana Sumantri, MSIE
4.    Prof. Dr.Tb. Zulriska Iskandar, M.Sc.
5.    Prof. Dr. H. Sutardjo A. Wiramihardja
6.    Prof. Dr. Sawitri Supardi Sadarjoen
7.    Prof. Dr. Hj. Juke Roosjati Siregar, M.Pd.

SUMBER: www.unpad.ac.id

0 comments:

Post a Comment